PPJK (Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan)
sumber : beacukai
Pengurusan
Pemberitahuan Pabean atas barang impor atau ekspor dilakukan oleh pengangkut,
importir, atau eksportir. Dalam hal pengurusan Pemberitahuan Pabean tidak
dilakukan sendiri, importir, atau eksportir dapat memberikan kuasanya kepada
Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK).
Pengusaha
Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK) adalah badan usaha yang melakukan kegiatan
pengurusan pemenuhan kewajiban pabean untuk dan atas kuasa importir atau
eksportir.
REGISTRASI
adalah kegiatan pendaftaran PPJK yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea
dan Cukai untuk mendapatkan nomor identitas berupa Nomor Pokok Pengusaha
Pengurusan Jasa Kepabeanan (NP PPJK) dalam rangka akses kepabeanan. Untuk dapat
melakukan pengurusan jasa kepabeanan, PPJK wajib memiliki nomor identitas
berupa Nomor Pokok Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan (NP PPJK).
NP
PPJK berlaku di seluruh Kantor Pabean di Indonesia dan berlaku sampai dengan
ada pencabutan oleh Direktur Jenderal atau Pejabat yang ditunjuknya. Hasil
registrasi digunakan untuk melakukan penilaian dan pembuatan profil PPJK.
Penilaian dan profil PPJK digunakan sebagai salah satu dasar dalam pemberian
pelayanan dan/atau pengawasan kepabeanan kepada pengangkut, importir, dan
eksportir yang menguasakan pengurusan jasa kepabeanannya kepada PPJK.
Untuk
mendapatkan Nomor Pokok Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan (NP PPJK), PPJK
wajib melakukan registrasi melalui media elektronik (website bea cukai di
www.beacukai.go.id). PPJK yang akan melakukan registrasi, wajib memenuhi
persyaratan :
a.
kejelasan dan kebenaran alamat (existence);
b.
kejelasan dan kebenaran identitas pengurus dan penanggung jawab
(responsibility);
c.
mempunyai pegawai yang berkualifikasi Ahli Kepabeanan (competency); dan
d.
kepastian penyelenggaraan pembukuan (auditable).
Pejabat Bea dan Cukai melakukan penelitian dan
penilaian terhadap pemenuhan persyaratan, berupa :
a.penelitian
dan penilaian administrasi terhadap data;
b.penelitian
lapangan;
Pejabat
Bea dan Cukai memberikan keputusan atas registrasi paling lama 45 (empat puluh
lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya data registrasi secara lengkap dan
benar.
PPJK
yang telah mendapatkan NP PPJK sebelum melakukan kegiatannya wajib menyerahkan
jaminan kepada Kantor Pabean yang mengawasi.
Bentuk jaminan dapat berupa:
a.
uang tunai;
b.
jaminan bank; dan/atau
c.
jaminan dari perusahaan asuransi
Besar Jaminan :
a.
KPPBC Tipe A1 dan KPU BC sebesar Rp250.000.000,00
b.
KPPBC Tipe A2 sebesar Rp150.000.000,00
c.
KPPBC Tipe A3 sebesar Rp100.000.000,00
d.
KPPBC Tipe A4 sebesar Rp50.000.000,00
e.
KPPBC Tipe lainnya sebesar Rp25.000.000,00
PPJK
yang telah mendapatkan Nomor Pokok PPJK, secara administrasi berada di bawah
pengawasan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai yang wilayah kerjanya
membawahi domisili PPJK. PPJK yang akan melakukan kegiatan selain dari KPPBC
yang membawahi domisili PPJK, harus terlebih dahulu :
- menyerahkan bukti penerimaan jaminan dari KPPBC yang wilayah kerjanya membawahi domisili PPJK; atau
- menyerahkan bukti penerimaan jaminan dari KPPBC yang wilayah kerjanya membawahi domisili PPJK dan menyesuaikan besarnya jaminan, dalam hal besarnya jaminan yang telah diserahkan tidak mencukupi.
Dokumen yang perlu disiapkan untuk proses registrasi :
- 1. Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP)
- 2. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
- 3. Surat Domisili Perusahaan dan Bagan/Peta Lokasi
- 4. API/APIT dan Perijinan dari DEPERINDAG
- 5. Pengukuhan PKP, NPWP Perusahaan
- 6. Akte Pendirian Perusahaan, Perubahan terakhir, beserta Skep Pengesahan dari Departemen Kehakiman dan HAM
- 7. Bukti Kepemilikan Kantor/Gudang (sertifikat /perjanjian sewa)
- 8. Tanda Pengenal (KTP/Password) serta NPWP dari Direktur Utama, Direktur dan Komisaris
- 9. Bagan Struktur Organisasi, Daftar Gaji (bulan terakhir)
- 10. Laporan Hasil Audit dan SKP dari Ditjen Pajak
- 11. Laporan Hasil Audit DJBC
- 12. Laporan Keuangan terakhir yang telah diaudit oleh KAP dan Laporan Keuangan bulanan (lainnya) yang terakhir
- 13. Chart of Account (Bagan Akun)
- 14. Manual Sistem Akuntansi dan contoh print-out sistem akuntansi (jurnal dan ledger, sesuai yang dilaporkan) bulan terakhir.
- 15. Ijazah pegawai bagian akuntansi
- 16. Hasil stock opname terakhir
- 17. Aplikasi dan dokumen L/C atau bukti pembayaran ke supplier ( contoh 1 bulan terakhir)
- 18. Sertifikat Ahli Kepabeanan milik pegawai perusahaan
- 19. Sertifikat ISO 9001/9002
- 20. Contoh PIB beserta lampirannya (B/L, invoice, surat kuasa, Packing List) 1 bulan terakhir
- 21. Foto Lokasi usaha dan aktifitas (tampak muka dan dalam)
- 22. Data lainnya.